Jumat, 08 Oktober 2010

Penerapan Pendidikan Berbasis Pondok Pesantren pada Taman Kanak-kanak

Penerapan Pendidikan Berbasis Pondok Pesantren pada
Taman Kanak-kanak

Nining Latifah
lathifah89@yahoo.com

Abstrak

Indonesia mengalami degradasi moral yang sangat mencolok dari beberapa tahun terakhir. Penyebab utamanya adalah pendidikan. Pendidikan adalah ujung tombak kemajuan sebuah bangsa, tidak terkecuali juga bagi Indonesia. Tantangan yang begitu menglobal dari berbagai segi, membuat perkembangan pendidikan di Indonesia harus berubah agar menjadi negara yang dihormati lantaran pendidikan yang maju. Pendidikan membutuhkan perhatian yang lebih dari beberapa pihak. Yaitu negara, masyarakat dan orang tua. Taman kanak-kanak (TK) adalah salah satu lembaga pendidikan formal yang sangat berperan penting dalam mencerdaskan anak bangsa, sebelum melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi diatasnya. Daya rekam anak kecil sangat baik terutama pada usia emas (golden age). Kedekatan secara emosional antara pendidik dan peserta didik juga menjadi salah satu faktor pembelajaran yang sangat efesien. Hal tersebut juga tidak terlepas dari peran penting orang tua dalam pengawasan dan kontrol bagi buah hati mereka. Harapan terbesar yang ingin di capai adalah terbentuknya generasi bangsa yang berkualitas dan memiliki nilai tinggi di dunia, dimulai dari pendidikan berbasis pondok pesantren pada anak sejak usia dini.

Kata kunci: pendidikan, moral, TK, pondok pesantren.

Tidak ada komentar: