Sabtu, 19 Desember 2015

CARA MEMBUAT GRUP BISNIS BBM

Kini kecanggihan teknologi semakin pesat dan harganyapun terjangkau. Kita bener-benar sedang berada didunia digital. Aku jadi ingat perkataan guruku saat MA. Beliau mengatakan Internet kurang lebih seperti tong sampah. Ketika kita ingin mendapatkan yang baik, kita harus jeli mencari terlebih dahulu, katanya.
Benar saja, karena kecanggihan dan akses tanpa batas inilah yang menjadi salah satu dari banyak penyebab rusaknya moral generasi bangsa. Meskipun demikiuan, tidak lantas menjadikan kita putus asa hanya berpangku tangan menyaksikan kerusakan demi kerusakan yang telah terjadi. Karena ada banyak hal positive yang bisa kita ekspolore dan tularkan pada yang lain. Salah satunya adalah bisnis.
Nah… Punya hape canggih, segala macam aplikasi playstore telah di install, trus teman juga dah banyak. aktivitas pastinya g hanya kayak baca Koran dong.. Semakin banyak komunikasi yang kita lakukan, maka kuota juga akan semakin besar. Pulsapun juga kudu beli. Kalo pake gadget tapi g ngasilin kan eman. Terlebih kesempatan itu ada.
Dari beberapa orang yang ditanya, kebanyakan dari mereka malas untuk jualan Online. Kenapa?
1.       Males, yang ada aja dah cukup
2.       G tau apa yang mo dijual
3.       Kalo semua jualan,
siapa yang beli?
4.       G tau cara bikin begituan
5.       Malu yang mau belajar dan Tanya-tanya alias gengsi.
Ok. Sekarang kita focus aja sama yang nomer 6 “GENGSI”. Tak apalah, karena memang Allah ciptakan banyak karakter untuk saling support dan saling menghargai kan? Nah, ini bacaan yang tepat untuk temen-temen sekalian (g hanya cirri yang nomer 6 saja. Bebas siapa aja yang mo belajar).
Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memulai berbisnis di online. Samplenya dagang Tas ya.. tapi temen-temen kalo mo dagang yang lain monggoooooo… 
1.       Pilih tanda Grup di aplikasi BBM

2.       Lalu pilih create new group
3.       Kasik icon grup yang menarik ya,, nama dan deskripsinya
4.       Setelah diisi kurang lebih akan seperti ini, lalu Save.
5.       Pada tanda pilihan (ditandai dengan 3titik disaping kanan nama grup) klik untuk menambahkan:
6.       Bisa menambahkan beberapa pilihan. Untuk menepahkan temen bisa dengan add contact

7.       Centang aja nama-nama dikontak pertemananmu.
8.       Setelah permintaan dikirim, kamu bisa mulai menambahkan gambar.
9.       Tambahkan gambar yang akan kamu promosikan, satu persatu ya.. biar saat member liat dah sama keterangannya.

10.   Setelah gambar dipilih, kamu bisa menambahkan keterangan gambar. Mulai dari nama, bahan samapai harga. Lalu upload.
11.   Beginilah tampilan grup yang telah kamu buat. Untuk upload gambar2 berikutnya caranya sama ya…

12.   Saat ada pertemanan yang bergabung, maka setidaknya 10% dari mereka akan merespon. Mulai dari apakah ada ongkos kirim, kalo kedaerah mana bisa apa g? dan semacamnya. Tapi yang pasti sebagai owner digrup kita kudu sabar ya…
Owner? Ya.. saat kita membuat grup kitalah ownernya. Kalo sukses bisa ajj rekrut karyawan. Tinggal sampai mana kita sabar dalam menekuni dunia marketing online. Jadi… jangan mau dibilang kudet ya.. buang gengsi, dan tuangkan kreasimu. Dalam dunia online, hal sepele bisa jadi duit J
Semoga bermanfaat, Barokallah.
Oretan Nining, Selesai.



Tidak ada komentar: