Minggu, 14 Maret 2010

Arti dari Istilah Keamanan Komputer


13 03 2010
Plaintext:
Teks yang bisa dibaca oleh manusia dan dalam bentuk belum dienkripsi. Kadangkala istilah plaintext ini juga disebut cleartext. Teks yang bisa dibaca oleh manusia dan dalam bentuk belum dienkripsi. Kadangkala istilah plaintext ini juga disebut cleartext.
Ciphertext
Merupakan text informasi yang telah diubah penulisannya menjadi kode rahasia, sehingga tidak ada orang yang mampu menggunakannya kecuali dia mempunyai kata kunci untuk membukanya. Metoda yang digunakan ntuk mengolah suatu text agar menjadi ciphertext ini adalah dengan menggunakan algoritma Cipher.
Cryptograpgy
Kriptografi (cryptography) adalah merupakan suatu ilmu dan seni untuk menjaga data-data atau informasi agar aman. Kriptografi berasal dari kata “Crypto” yang berarti “Secret” (rahasia) dan “Graphy” yang berarti “Writing” (tulisan). Sebuah algoritma kriptografik (Cryptographic Algorithm), disebut cipher yaitu persamaan matematik yang digunakan untuk proses “Enkripsi” dan “Dekripsi”.
Cryptanalysis
Cryptanalysis atau analisis sandi ini adalah ilmu untuk mendapatkan plaintext pesan tanpa harus mengetahu kunci secara wajar. Pemecahan sandi rahasia yang berhasil akan menghasilkan plaintext atau kunci. Analisis sandi juga dapat menemukan kelemahan dalam kriptosistem yang pada akhirya dapat menemukan kunci atau plaintext. Kehilangan kata kunci melalui peralatan noncryptanalitic disebut compromise.
Cryptology

Ilmu pengetahuan tentang kode-kode rahasia. Merupakan cabang matematika yang mencakup cryptography dan cryptanalysis.
Encryption
Enkrip. Informasi yang diacak dengan menggunakan satu algoritma tertentu.
Decryption
Mengubah kembali hasil enkripsi ke bentuk aslinya sehingga informasi tersebut dapat dibaca.
Protection
Menjamin bahwa sumber daya yang tersedia dapat diakses oleh sistem dalam pengontrolan sistem operasi
Security
Faktor keamanan informasi dengan menggunakan teknologi. Hal tersebut disebabkan karena adanya kelemahan-kelemahan di dalam:
- kebijaksanaan jaringan suatu perusahaan (Policy Vulnerabilities),
- konfigurasi suatu sistem (Configuration Vulnerabilities)
- teknologi yang digunakan (Technology Vulnerabilities).
Threat
Ancaman. Ancaman terhadap sistem meliputi:
1. kerahasiaan (secrecy),
2. integritas(integrity),
3. ketersediaan(availability).
Attach
Perintah untuk melacak dan memasukkan program ke dalam memori. Pada jaringan komputer berarti perintah untuk memasuki server dalam suatu jaringan.
Spoofing
Pemalsuan IP Address untuk menyerang sebuah server di internet, kegiatan ini biasanya dilakukan oleh para hacker/cracker.
Masquerade
jenis serangan berupa suatu entitas sistem yang secara ilegal bersikap sebagai entitas lain.
Intruder
Penyusup. orang yang menyusup, orang yang ikut campur. Istilah ini digunakan untuk orang yang menyusup pada suatu sistem.
Hacker
Mengacu pada seseorang yang punya minat besar untuk mempelajari sistem komputer secara detail dan bagaimana meningkatkan kapabilitasnya. Besarnya minat yang dimiliki seorang hacker dapat mendorongnya untik memiliki kemampuan penguasaan sistem yang diatas rata-rata kebanyakan pengguna. Jadi, hacker sebenarnya memiliki konotasi yang netral.
Cracker
Terjemahan bebas: Pembobol. Orang yang mampu menembus kode dan kode kunci (password) serta memecahkan sistem security tanpa izin atau secara tidak beretika. Istilah {cracker} telah ditemui oleh pengganggu sistem komputer untuk membedakan aktivititas penggunaan komputer yang melanggar aturan atau untuk memberikan istilah yang lebih berdasarkan aktivitasnya. Istilah ini juga membedakan {hacker} yang disebut sebagai seseorang yang mahir dalam menggunakan komputer beserta perintah-perintah dasarnya.
Sumber: http://hackits.wordpress.com/

Tidak ada komentar: